Sistem pemilihan umum
1. Sistem First Past The Post
Sistem-sistem mayoritas/pluralitas didasarkan
pada daerah-daerah pemilihan (distrik) didalam wilayah yang berada dibawah
wewenang sebuah badan terpilih, seperti
DPRD II . Sistem ini dapat secara efektif diterapkan di distrik dengan wakil
tunggal atau majemuk. Kandidat atau partai yang memenangkan jumlah suara terbanyak (pluralitas) atau, mayoritas
(apapun definisinya) dalam suatu daerah
pemilihan memenangkan semua posisi perwakilan untuk daerah pemilihan
tersebut.
Kelebihan:
- FPTP dapat mengkonsolidasi dan
membatasi jumlah partai, biasanya
menjadi dua partai yang memiliki jangkauan luas, sehingga para pemilih
memiliki pilihan yang jelas. Hal ini dapat membatasi kemungkinan adanya
partai-partai yang ekstrim;
- Memiliki kecenderungan untuk menghasilkan
pemerintahan yang kuat, dan berasal dari satu partai;
- Pemilihan dengan sistem FPTP cenderung
membuat partai-partai bertanggungjawab atas tindakan-tindakan mereka;
- Dapat mendorong adanya pihak oposisi untuk membuat pemerintah
bertanggungjawab;
- Seperti sistem lain yang berdasarkan pada
daerah pemilihan, dapat membuat hubungan yang erat antara pemilih dan
wakilnya, juga lebih menjamin akuntabilitas wakil rakyat terhadap
pemilihnya;
- Menyeimbangkan fokus antara partai politik
dan para kandidat secara individual.
- Merupakan sistem yang sederhana untuk
dimengerti dan digunakan oleh para pemilih, serta mudah dalam
pelaksanaannya.
Kekurangan:
- Kursi-kursi yang dimenangkan sangat tidak
proporsional dengan keseluruhan
suara yang diperoleh dalam pemilu. Partai dengan jumlah suara mayoritas
atau terbanyak, mungkin tidak mendapatkan mayoritas, atau bagian terbesar
dari jumlah kursi yang ada. Partai dengan proporsi yang menonjol dari
keseluruhan jumlah suara mungkin tidak mendapatkan kursi sama sekali;
- Proses
‘pemenang memperoleh semua’ (the winner takes all) mengakibatkan
sebagian besar dari suara yang ada terbuang. Para pemilih ini tidak
terwakili dan partai-partai minoritas tidak terikut sertakan dalam perwakilan yang ‘adil’;
- Sistem pluralitas berarti bahwa kandidat
yang menang mungkin hanya didukung oleh 30-40% pemilih, atau mungkin
kurang dari itu;
- Sebagaimana lazimnya sistem distrik wakil
tunggal, FPTP tidak memberikan insentif untuk kandidat-kandidat dari
partai-partai minoritas;
- Menghalangi berkembangnya sistem multi
partai yang pluralisits;
- Dapat menciptakan dominasi partai daerah
dan mendorong adanya partai-partai yang berhaluan etnis/kesukuan;
- Tidak sensitif atau teramat sensitif
terhadap perubahan opini publik
- Dapat dipengaruhi manipulasi dari
batas-batas daerah pemilihan.
- Second
Ballot System
Pada Second ballot system ini menggunakan tipe
majoritarian atau distrik. Dimana sistem tersebut mempunyai single candidate
constituencies dari single choice voting sebagaimana dalam sistem the first
past the post. Untuk menang, calon harus
memenangi suara mayoritas mutlak minimal 50% + 1. Jika tidak ada calon yang
memenangi suara mutlak, diadakan pemilihan ulang diantara dua calon yang
memperoleh suara terbanyak.
Kelebihan:
1.
Sulit untuk pihak kecil (yang mungkin ekstrimis) untuk
mendapatkan kontrol dari kekuasaan . Hal ini karena mayoritas sifat sistem.
2.
Hal ini menyebabkan non- koalisi pemerintah dimana beberapa orang percaya karena
merupakan pemerintahan yang kuat.
3.
Jika suara pemilih yang terbuang pada calon yang
kalah dalam pemilihan pertama maka mereka dapat membuat perbedaan dalam suara
kedua.
Kekurangan:
1.
Tidak memungkinkan pihak kecil untuk mendapatkan pijakan dalam sistem politik negara . Misalnya, sayap kiri partai baru mungkin tidak dapat memperoleh
dukungan yang cukup karena orang tidak percaya untuk memiliki kesempatan
untuk mengambil pada pihak yang dominan.
2.
Menghasilkan suara taktis .
3.
Pihak yang terlibat dalam balapan mungkin membuat pakta untuk saling membantu. Daripada dua pihak berjuang untuk masuk ke dalam kekuasaan mereka mungkin bergabung untuk mengalahkan pihak
dominan yang lebih (misalnya satu kandidat deliberatly mungkin drop out dari kedua pemungutan suara jika mereka buruk di pertama pemungutan suara dan membujuk mereka pendukung untuk memilih untuk oposisi di kembali untuk mendukung s jika mereka masuk ke dalam kekuasaan )
4.
Tidak proporsional dalam arti apapun.
5.
Limbah suara dalam pemungutan suara pertama.
3. Alternative Vote (Preferential Voting atau AV)
Sistem alternative vote
biasanya diterapkan
di Australia, dan di Nauru dalam bentuk yang telah dimodifikasi. Sistem ini
juga pernah diterapkan di Fiji, hanya sekali, pada tahun 1999, dan juga di Papua
Nugini dari tahun 1964 sampai 1975, ketika masih berada dibawah administrasi
Australia. Sistem
Alternative Vote biasanya menggunakan distrik wakil tunggal (dapat diterapkan
untuk pemilu dengan distrik wakil majemuk, misalnya untuk Senat Australia
sampai tahun 1949, sistem ini cenderung menghasilkan hasil yang lebih tidak
berimbang dibandingkan dengan sistem-sistem Block Vote). Pada sistem full
preferential voting, para pemilih harus mengurutkan semua kandidat sesuai
urutan preferensi mereka (1,2,3,4, dan seterusnya). Pada sistem optional preferential voting, para pemilih
memiliki pilihan untuk menandai hanya satu kandidat atau memilih mengurutkan
beberapa atau semua kandidat.
Pada sistem ‘ticket voting’ pemilih memilih
sebuah partai politik, dan preferensi pemilih akan sama dengan urutan
preferensi yang telah ditentukan partai yang bersangkutan, yang diumumkan oleh
semua partai politik kepada pelaksana pemilu sebelum hari pemilihan.
Pemenangnya adalah kandidat dengan perolehan 50%
+ 1 dari suara sah yang ada di distrik yang bersangkutan. Apabila ketentuan ini
tidak tercapai dari preferensi pertama para pemilih, maka kandidat dengan
jumlah pilihan pertama yang terrendah akan disingkirkan, dan pilihan kedua yang
ditandai di kertas suara kandidat tersebut dibagikan ke kandidat lainnya.
Proses eliminasi kandidat dengan jumlah suara terrendah dan membagikan kertas
suaranya kepada kandidat lain yang tertinggal, dimana kepada mereka pemilih
telah menentukan pilihan berikutnya, berlanjut sampai seorang kandidat memperoleh
50% + 1 total suara.
Kelebihan:
- Sistem Alternative Vote memiliki kelebihan
dalam mempererat hubungan pemilih dengan para wakil mereka, seperti juga
halnya dalam sistem-sistem lain yang berdasar kepada distrik.
- Sistem Alternative Vote memungkinkan
pemilih untuk mendapatkan lebih dari satu kesempatan untuk menentukan
siapa yang akan menjadi wakil mereka, meskipun argumentasi ini menjadi
kurang kuat apabila varian ‘ticket voting’ diterapkan.
- Berkat adanya persyaratan dukungan
mayoritas bagi seorang kandidat untuk dapat terpilih, sistem ini
memberikan legitimasi kuat kepada para kandidat yang terpilih.
- Mendorong adanya kerjasama antar partai
politik dan mengurangi efek-efek ekstrimisme.
- Memungkinkan partai-partai kecil terfokus
untuk berkoordinasi tanpa harus beraliansi secara formal.
- Lebih murah untuk dilaksanakan dibandingkan
dengan sistem majority yang lain seperti sistem dua putaran.
Kekurangan:
- Hasilnya tidak proporsional, seringkali
memberi peluang bagi terbentuknya suatu pemerintahan yang dikuasai suatu
partai dengan proporsi suara yang lebih kecil dalam total jumlah suara.
- Sistem-sistem Alternative Vote ini
seringkali memberikan kemenangan kepada kandidat yang tidak memperoleh
suara preferensi teratas pertama dan justru kandidat yang memperoleh
suara preferensi teratas kedua dan ketiga sering menjadi pemenang.
- Membutuhkan tingkat melek-huruf dan
numerasi yang tinggi diantara populasi pemilih. Apabila tidak terpenuhi
dapat menimbulkan banyaknya suara yang tidak sah sehingga akhirnya legitimasi
pemilu dipertanyakan.
- Membutuhkan program pendidikan pemilih yang
lebih rumit dan intensif.
- Kertas suara untuk distrik pemilihan harus
dikumpulkan di suatu lokasi untuk penghitungan suara dan penentuan
hasil sesuai sistem ini. Hal ini
menimbulkan implikasi pada aspek keamanan, transparansi dan logistik.
- Kerumitan penghitungan suara mungkin
melebihi kapasitas pelatihan dan penerapan administrator pemilu, dan
tidak sepenuhnya dapat dipahami partai dan para pengamat. Bahkan dalam
situasi yang ideal pun, akan membutuhkan waktu lama untuk menentukan
pemenang. Ini bukanlah sistem yang mudah dan sederhana.
- Membuka peluang bagi adanya
kesepakatan-kesepakatan bawah tangan dan praktek politik uang untuk
menunjang upaya partai politik untuk mempengaruhi preferensi pemilih.
- Dapat dipengaruhi oleh manipulasi
batas-batas daerah pemilihan.
4. Additional Member System (AMS)
Seperti AV,
AMS adalah sistem campuran, yang menggabungkan pemilu konstituensi sederhana dan
komponen proporsional yang dipilih
secara langsung. Pemilih melemparkan dua suara sampai satu untuk seorang anggota
parlemen dan satu suara konstituen partai.
Kelebihan:
1.
Ini mempertahankan keuntungan dari sistem
single-member konstituen sederhana dan membantu menyeimbangkan hasil yang tidak
proporsional ini dapat menghasilkan.
2.
Dengan
menyediakan untuk pesta memilih yang terbaik mencerminkan realitas suara
modern: bahwa partai kembali pemilih daripada kandidat individu.
3.
Sebuah "ambang" kualifikasi pada suara
partai memastikan bahwa ekstrimis, yang menang kurang dari 5% suara misalnya,
masih dikecualikan dari parlemen.
Kekurangan:
1.
Setengah dari anggota parlemen, pada dasarnya,
dipilih oleh kepemimpinan partai mereka dan tetap tidak akuntabel untuk setiap
pemilih individu. Kekuatan demokratis patronase partai besar-besaran meningkat
dan dua jenis yang sangat berbeda dari anggota parlemen dikembalikan ke
parlemen.
2.
Dua suara terpisah, sehingga suara, kedua
proporsional murni hanya meringankan, bukan mengoreksi, ketidakseimbangan pemilihan
konstituen sederhana.
3.
Di Jerman,
itu telah menciptakan kuat, pemerintahan stabil, tetapi ini tidak pernah
pemerintah partai tunggal.
4.
Seperti koalisi lain pembentuk sistem PR, ia
cenderung untuk memberikan pihak, kecil sentris besar membuat kesepakatan
kekuasaan, karena partai-partai yang lebih besar perlu dukungan mereka untuk
membentuk pemerintah mayoritas
5. Single Transferable Vote System
(STV),
STV
adalah sebuah sistem pemungutan suara preferensial (seperti AV) dalam
multi-member konstituen. Pemilih peringkat kandidat sesuai dengan preferensi
mereka, dan konstituen masing-masing memilih antara tiga dan lima anggota
parlemen, tergantung pada ukurannya. Mereka kandidat mencapai kuota tertentu
dari suara yang terpilih. Surplus suara untuk calon terpilih dan perolehan
suara untuk calon didukung sedikitnya yang didistribusikan atas dasar pilihan
kedua dari suara pemilih. Proses ini berlanjut sampai jumlah anggota parlemen
mencapai kuota yang diperlukan dan dikembalikan ke parlemen.
Di bawah sistem ini, setiap negara dibagi menjadi multi-member
konstituen yang masing-masing memiliki sekitar empat atau lima wakil. Pihak
diajukan sebagai kandidat sebanyak yang mereka pikir bisa menang dalam pemilihan masing-masing. Pemilih
peringkat mereka preferensi antara kandidat dalam mode ordinal Jumlah total
suara yang dihitung, dan kemudian membagi jumlah kursi ini jumlah suara dalam
pemilihan untuk menghasilkan kuota. Untuk dipilih, kandidat harus mencapai
kuota minimum. Ketika pilihan pertama yang dihitung, jika tidak ada kandidat mencapai kuota, maka calon dengan
suara paling tidak dihilangkan, dan suara mereka di distribusikan dengan
preferensi kedua. Proses ini berlanjut sampai semua kursi terisi.Pendukung
berpendapat bahwa dengan memungkinkan warga untuk mengidentifikasi urutan
peringkat untuk preferensi mereka dalam partai-partai, atau oleh suara-membelah
mereka suara di pihak yang berbeda, STV memberikan kebebasan
pilihan yang lebih besar selain systems lain.Apalagi dengan mempertahankan proporsionalitas,
aturan ini juga menghasilkan hasil yang adil dalam halrasio suara untuk
kursi.
Kelebihan:
1.
STV adalah salah satu sistem yang paling
proporsional, menghasilkan hasil yang erat mencerminkan distribusi suara.
2.
Di Inggris, pemerintah hampir pasti harus koalisi
partai, yang bisa berakhir adversarialism merusak (oposisi demi oposisi) dan
menghasilkan pemerintah konsensual dan moderat, lebih baik yang mencerminkan
keinginan rakyat.
3.
Ini mempertahankan hubungan konstituen dan,
dibandingkan dengan sistem voting lainnya, memastikan bahwa banyak pemilih
lebih cenderung memiliki suara yang berarti yang membantu memilih MP dari
konstituensi mereka yang mewakili pandangan mereka.
Kekurangan:
1.
Penentang STV berpendapat bahwa pemerintah koalisi
tersebut ada kemungkinan untuk menghasilkan di Inggris akan menjadi lemah,
dibagi dan ragu-ragu.
2.
Pemerintah Koalisi cenderung dibuat oleh
kesepakatan politik di "kamar penuh asap" yang pemilih tidak memiliki
kontrol atas.
3.
Pemerintah yang muncul ber-uang
tidak ada hubungannya dengan pihak individu pemilih yang paling mendukung.
4.
STV juga merupakan sistem yang kompleks yang dapat
membingungkan pemilih dan memakan waktu beberapa hari untuk menghitung.
5.
Besar
multi-member konstituen mengikis hubungan yang jelas dan langsung antara
pemilih dan MP mereka di anggota tunggal konstituen.
6. Party List System
Secara
Keseluruhan negara dianggap sebagai sebuah daerah pemilihan tunggal atau
manakala ada regionalisasi, pengelompokan ini dianggap sebagai daerah-daerah
pemilihan. Dalam sistem ini partai-partai yang ada menempatkan calonnya sesuai
nomor urut. Ambang batas (thres hold) ditetapkan untuk mencegah penyimpangan
dari orang-orang yang tidak dikehendaki. Biasanya sistem ini digunakan oleh
negara Israel dan sejumlah negara di Eropa termasuk Belgia, Luxemburg,
Switzerland dan Parlemen Eropa.
Kelebihan:
- Selain keuntungan yang
melekat pada sistem PR umumnya, Daftar PR membuatnya lebih mungkin bahwa
perwakilan dari budaya minoritas / kelompok akan dipilih. Pengalaman
sejumlah negara demokrasi baru (misalnya Afrika Selatan, Indonesia, dan
Sierra Leone) menunjukkan bahwa PR Daftar memberikan ruang politik yang
memungkinkan pihak untuk memasang multiras, dan multi-etnis, daftar calon.
Afrika Selatan terpilih Majelis Nasional pada tahun 1994 adalah 52 persen
hitam (11 persen Zulu, sisanya adalah dari Xhosa, Sotho, Venda, Tswana,
Pedi, Swazi, Ndebele Shangaan dan ekstraksi), 32% kulit
putih (sepertiga Inggris berbahasa, dua pertiga berbahasa Afrikaans), 7
persen berwarna dan 8 persen India. Parlemen Namibia juga sama beragam,
dengan perwakilan dari Ovambo, Damara, Herero, Nama, dan Baster (Inggris
dan berbahasa Jerman) putih masyarakat.
- Daftar PR membuat lebih
mungkin bahwa perempuan akan terpilih. PR pemilihan sistem hampir selalu
lebih ramah terhadap pemilihan perempuan dari pluralitas / mayoritas
sistem. Intinya, pihak dapat menggunakan daftar untuk mempromosikan
kemajuan politisi perempuan dan memungkinkan pemilih ruang untuk memilih
kandidat perempuan dengan tetap mendasarkan pilihan mereka pada masalah
kebijakan selain jenis kelamin. Seperti disebutkan di atas, dalam distrik
anggota tunggal, partai yang paling dianjurkan untuk memasang 'paling luas
diterima' calon, dan orang itu jarang seorang wanita. Di semua wilayah di
dunia, sistem PR lebih baik dari sistem FPTP dalam jumlah perempuan yang
terpilih, dan 14 dari 20 negara teratas ketika datang ke representasi
wanita menggunakan PR Daftar. Pada tahun 2004, jumlah wakil perempuan di
legislatif dipilih oleh Daftar sistem PR adalah 4,3 persen lebih tinggi
daripada rata-rata 15,2 persen untuk semua legislatif, sedangkan untuk
legislatif dipilih oleh FPTP adalah 4,1 poin persentase lebih rendah.
Kekurangan:
- Lemahnya hubungan antara legislator terpilih
dan konstituennya. Ketika Daftar PR digunakan, dan terutama ketika kursi
dialokasikan dalam satu distrik nasional tunggal, seperti di Namibia atau
Israel, sistem ini dikritik karena menghancurkan hubungan antara pemilih
dan wakil mereka. Dimana daftar tertutup, pemilih tidak memiliki
kesempatan untuk menentukan identitas orang yang akan mewakili mereka dan
tidak ada perwakilan yang dapat diidentifikasi untuk, kabupaten kota atau
desa, juga tidak dapat dengan mudah menolak perwakilan individu jika
mereka merasa bahwa ia telah tampil buruk di kantor atau bukan jenis orang
yang mereka ingin mewakili mereka - misalnya, panglima perang di
negara-negara seperti Bosnia atau Afghanistan. Selain itu, di beberapa
negara berkembang di mana masyarakat terutama pedesaan, identifikasi
pemilih dengan wilayah tinggal mereka kadang-kadang jauh lebih kuat dari
identifikasi mereka dengan partai politik atau pengelompokan. Kritik ini,
bagaimanapun, mungkin lebih berhubungan dengan perbedaan antara sistem di
mana para pemilih memilih partai dan sistem di mana mereka memilih calon.
- Kekuasaan digali
berlebihan dalam kantor pusat partai dan di tangan
senior partai kepemimpinan terutama dalam sistem daftar
tertutup.
Sebuah posisi kandidat dalam daftar partai, dan karena itu kemungkinannya
keberhasilan, tergantung pada currying mendukung dengan bos partai,
sementara hubungan mereka dengan pemilih adalah kepentingan sekunder.
Dalam twist yang tidak biasa ke sistem Daftar PR, dalam partai Guyana
mempublikasikan daftar kandidat mereka tidak peringkat tetapi hanya
memerintahkan abjad. Hal ini memungkinkan ruang lingkup pemimpin partai
bahkan lebih untuk menghargai kesetiaan dan menghukum kemerdekaan karena
kursi hanya dialokasikan kepada individu setelah hasil pemungutan suara
diketahui.
- Kebutuhan semacam partai atau kelompok politik
diakui keberadaannya. Hal ini membuat PR Daftar sangat sulit untuk
menerapkan dalam masyarakat-masyarakat yang tidak memiliki partai atau
memiliki struktur partai embrionik dan sangat longgar, misalnya, banyak
negara pulau di Pasifik. Meskipun secara teknis mungkin untuk memungkinkan
calon independen untuk berjalan di bawah berbagai bentuk PR, sulit dan
memperkenalkan sejumlah komplikasi tambahan, khususnya berkaitan dengan
suara terbuang.
0 komentar:
Posting Komentar